Stroke, Bom Waktu yang Siap Meledak Setiap Saat

INFO SEHAT – Stroke hingga kini masih menjadi ancaman nomor satu di Indonesia bahkan di dunia, gaya hidup modern dan gaya hidup yang tidak sehat di sinyalir menjadi biang keladi penyebab peningkatan angka kejadian stroke di berbagai belahan dunia, Indonesia bahkan menjadi negara dengan angka tertinggi kejadian stroke di Asia.

Stroke adalah penyakit kardiovaskular yang datang secara mendadak yang dapat menimbulkan kerusakan pada jaringan otak yang berefek pada gangguan fungsi gerak dan bicara, bahkan bisa menyebabkan koma dan kematian. Kerusakan yang terjadi pada jaringan otak bisa disebabkan oleh dua hal yaitu pecahnya arteri (pembuluh darah) otak (perdarahan) dan penyumbatan arteri otak (infark Serebral).

Pecahnya arteri otak atau perdarahan dan penyumbatan disebabkan banyak faktor. Pada perdarahan salah satu faktor penyebabnya pada pembuluh darah otak adalah cacat pembuluh darah. Cacat pembuluh darah ini dibagi menjadi tiga penyebab, penyebab pertama adalah Arteri Vena Malformasi (AVM) yaitu tak beraturannya formasi pada jaringan arteri otak, penyebab kedua adalah tipisnya pembuluh darah di otak (Aneorisma), yang ketiga karena rapuhnya pembuluh darah di Otak

Rapuhnya pembuluh darah di otak, disebabkan oleh penyakit-penyakit metabolic ( darah tinggi, sakit gula) dan penyakit collagen yang timbul karena pola hidup yang kurang sehat, (kurang berolah raga, sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat)

Penyebab kedua timbulnya stroke adalah penyumbatan pada pembuluh darah di otak. Penyebab stroke yang kedua ini memiliki angka kejadian empat kali lebih banyak dari penyebab pertama (perdarahan).

Penyebab stroke karena sumbatan dapat dibagi menjadi dua kategori, sumbatan total dan sumbatan sebagian. Sumbatan total adalah tertutupnya pembuluh darah secara total sehingga aliran darah menuju otak terhenti sama sekali. Akibatnya adalah kerusakan dan berefek pada kelumpuhan, kesulitan bicara, serta gangguan lain tergantung di bagian otak mana yang tersumbat.

Sementara pada sumbatan sebagian efeknya akan timbul gejala-gejala seperti sakit kepala, kesemutan, kebal sebagian tubuh, lemas sebagian tubuh ataupun pelo. Pada stroke sumbatan sebagian, penderita bisa saja bertahan cukup lama meskipun penanganannya sangat terlambat, sementara pada sumbatan total hanya bisa bertahan selama enam jam.

Stroke sumbatan ini terjadi karena menyempitnya pembuluh darah akibat beberapa faktor seperti peradangan atau infeksi, timbunan plak (lemak) di dinding pembuluh darah yang bisa terlepas sewaktu-waktu dan terbawa pada pembuluh darah yang lebih kecil di otak, ataupun bekuan darah yang berasal dari tempat lain yang terbawa ke pembuluh darah otak.